Ketupat Sayur

Sejak kerja di Jakarta, saya tak pernah melewatkan sarapan dengan Ketupat Sayur. Kalopun terlewatkan, biasanya karena lagi puasa, lagi sok-sokan pengen ikutin food combining, atau pas lagi bokek alias gak punya duit.

Suatu saat saya pernah Dinas ke Daerah Sulawesi dan Maluku Utara. Alamak, saya rindu sarapan dengan ketupat sayur. Saya belum pernah nemuin ketupat sayur di Daerah ini.

Ketupat sayur atau biasa juga disebut lontong sayur, memang hanya terkenal di Jakarta. Walaupun penyebarannya bisa juga sampe ke daerah disekitar Jakarta, yaitu daerah Banten atau Jawa Barat. Kalo lagi libur, saya biasanya nyari di daerah Karawang.

Sebenarnya, kalo makan ketupat sayur saya serasa nostalgia. Apalagi kalo dimakan pagi hari. Saya merasa kembali ke masa saya SMP di daerah Pandeglang Banten. Setiap pagi saya sering makan ketupat sayur, apalagi kalo ditambahi bakwan sayur, bakwan sayurnya kemudian di buat berenang di kuah ketupat sayur. Rasanya lezat sekali.

Makan ketupat sayur sebenarnya kurang sehat kalo dimakan dipagi hari. gimana gak sehat, santan sama sambelnya itu bikin perut gak enak, disaat siklus pencernaan butuh makan-makanan lembut di pagi hari..ini dihajar sama makan-makanan “cadas” wiih….tapi kalo sering sih kayaknya jadi biasa..hahaha.

Tapi, nikmat Allah mana lagi yang saya dustakan. Makan ketupat sayur di pagi hari dengan bakwan sayur berenang. Bagi saya itu kenikmatan tiada tara. bahkan mengalahkan sarapan-sarapan yang lain.

Terimakasih Ya Allah.

 

 

 

Leave a comment