Kuliner di Daerah Cikini

rumah kulinerDaerah Cikini merupakan salahsatu tempat wisata kuliner di Jakarta yang sudah terkenal sejak dulu. Di tempat ini berjejer tempat makanan lezat yang mengundang selera, mulai dari sajian kopi, penganan kue hingga masakan nusantara. Daerah yang terbentang dari Jalan Cikini Raya di pertigaan Mal Menteng Huis sampai Metropole. Di sekitar  jalan tersebut banyak tempat-tempat makan yang pasti tidak akan menyesal untuk didatangi. Setidaknya ada lima tempat yang menjadi destinasi kuliner di  Daerah Cikini.

Tempat yang pertama adalah Bakoel Koffie, tempat ngopi yang berdiri sejak tahun 1870-an ini berawal dari warung nasi di Jalan Hayam Wuruk. Saat ini warung tersebut dikelola oleh generasi keempat dan telah memiliki dua gerai yaitu di Cikini dan Bintaro Sektor 7. Menurut Kompas Travel, menu favorit pengunjung di sini adalah kopi tubruk ala bakoel. Racikannya gabungan antara arabica dan robusta dengan rasa asam yang kuat namun harum aromanya.

Sedikit masuk ke Jalan Cikini 5 di belakang hotel grand alia, anda akan menemukan tempat berjualan martabak pelangi. Martabak ini menawarkan menu yang beragam dengan bentuk mini sampai jumbo. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp8.000,- sampai dengan Rp120.000,- .  Keunikan martabak ini dibandingkan dengan martabak lain yaitu toping yang sangat meriah dapat terdiri dari jagung, keju, kismis, leci dan coklat. Bentuk martabak ini seperti pizza dan tidak bisa dilipat karena kemeriahan toping tersebut.

Sedikit berbelok ke arah Jalan Raden Saleh, anda dapat menemukan warung pedes sedep yang berada di belakang gedung grha tirtadi. Warung makan yang menawarkan menu berbahan daging, ayam dan ikan ini menawarkan harga berkisar antara Rp.20.000,- sampai dengan Rp35.000,-. Menu yang terkenal dari warung ini adalah pindang patinnya yang menggugah selera makan.

Tempat makan selanjutnya adalah Ampera 2 tak, di Jalan Cikini NO.103. Nama 2 tak mungkin saja ada hubungannya dengan restoran Ampera yang lain. Warung ini menyajikan menu makanan khas sunda, beberapa orang menyebutnya dengan prasmanan ala cianjuran. Masakan yang disajikan berupa aneka penganan lauk siap saji seperti ikan goreng, ayam, ikan asin, sayur asem, pepes, cumi, jeroan dan lalap. Kita dapat memilih masakan yang kita inginkan lalu digoreng untuk dihangatkan. Setiap tamu yang datang berhak mengambil nasi dalam porsi besar, serta menambah lauk yang dapat langsung diambil di meja saji. Keistimewaan warung ini adalah buka terus selama 24 jam.

Terakhir, diujung jalan cikini anda akan mendapatkan restoran roemah kuliner. Restoran masakan Indonesia ini menyajikan menu yang variatif. Digarap dengan serius, rumah makan ini memiliki suasana vintage yang indah yang jarang ditemui di belahan Jakarta lainnya. Menu yang disajikan seluruhnya merupakan masakan Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia. Saat ini paling tidak ada sekitar 200 jenis masakan khas dari Betawi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatera. Salah satu menu yang menjadi favorit pengunjung sejauh ini adalah tumis bunga pepaya dengan bunga kecombrang. Menikmati tumisan ini hanya dengan nasi merah pun rasanya sudah nikmat. Selain makanan kudapan lain yang wajib dicoba adalah bubur sumsum yang tersaji dingin, kue balapis yang terasa lumer di mulut dengan aroma pandan yang lembut, es teler Bandung dengan ketan hitam, es lemongrass (sereh) dengan biji selasih, jus kedondong yang amat segar, dan puding kelapa.

Leave a comment