Cara Menyingkirkan Dahak di Tenggorokan Tanpa Obat

Anda terbangun dengan tenggorokan yang memampat sangat parah, dan batuk dengan mengeluarkan banyak dahak. Tak lama kemudian tenggorokan Anda terasa menyengat. Yang lebih parah lagi, Anda tidak ingin pergi ke luar rumah untuk membeli obat. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan tenggorokan Anda menggunakan hal-hal yang Anda miliki di rumah.

Metode 1 . Makanan yang membantu Mengrangi Dahak

  • Minum teh lemon dengan madu.Anda bisa membeli teh lemon, atau membuat sendiri air lemon hangat dengan mencampurkan 2 sendok teh jus lemon dengan secangkir air hangat. Keasaman jus lemon akan memecah lendir. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam campuran tersebut untuk menyejukkan tenggorokan Anda.
  • Makan makanan pedas.Pernahkah Anda mencoba sedikit wasabi, yang membuat hidung Anda mengeluarkan ingus secara tak terkendali? Makanan pedas, seperti lobak pedas (horseradish) atau cabai, bertindak sebagai dekongestan dan akan membantu melonggarkan sebagian dari dahak yang berbahaya.
  • Minum cairan hangat.Bisa berupa teh, sup ayam, atau sesuatu di antaranya, cairan hangat akan membantu memberi nutrisi pada tubuh Anda ketika Anda sedang menghancurkan lendir yang terjebak di tenggorokan Anda.
  • Berkumurlah dengan air garam.Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan secangkir air hangat dan gunakan campuran itu untuk berkumur dengan kepala miring ke belakang.
  • Makan roti panggang.Roti panggang adalah makanan yang bagus untuk memecah dahak dan membawanya ke perut Anda. Roti panggang menggaruk tenggorokan dengan lembut, yang menghilangkan beberapa dahak ketika roti panggang itu ditelan.
  • Minum banyak air.Jika tubuh Anda memproduksi banyak dahak, mungkin karena tubuh Anda berusaha untuk menangkal penyakit, yang berarti sistem kekebalan tubuh Anda sedang bekerja sangat keras. Berikan tubuh Anda air yang dibutuhkan untuk melakukan tugasnya.
  • Minum satu sendok teh cuka sari apel.Rasanya memang tidak terlalu enak tetapi akan berguna. Telanlah secepat mungkin, lalu tunggu selama 5-10 detik. Jika rasanya masih ada, minum air putih.

Metode 2 Menghindari Hal-hal yang menghasilkan dahak

  • Berhenti merokok.Ketika jumlah lendir Anda berlebihan, cobalah untuk tidak merokok. Merokok membuat pita suara menjadi kering, dan tubuh Anda akan membuat lebih banyak dahak untuk menggantikan kelembapan yang hilang. Dalam penelitian di seluruh dunia, telah terjadi korelasi yang tinggi antara merokok dan produksi dahak.[1] Jika Anda seorang perokok, pertimbangkan untuk menggunakan nicotine patch (semacam koyo yang mengandung nikotin) untuk sementara hingga dahak Anda hilang.
  • Hindari susu.Susu atau olahan susu lainnya mungkin tidak menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lendir[2], tetapi pada beberapa orang kandungan lemak dalam susu menyebabkan lendir menjadi lebih kental.[3]
  • Hindari paparan uap dan bahan kimia yang berbahaya.Uap cat, pembersih, dan bahan kimia lainnya menyakiti fungsi pernafasan tubuh

Metode 3 Strategi lain untuk mengurangi dahak

Lakukan mandi air panas atau menghirup uap. Panas yang berasal dari air menyebabkan dahak menjadi longgar. Gunakan alat penguap (vaporizer) jika ada. Cobalah untuk menyetel keseimbangan kelembapan yang baik di kamar Anda. Anda ingin menyejukkan tenggorokan Anda, tetapi jangan sampai kamar Anda berubah menjadi hutan tropis!

Bersenandunglah tetapi jangan membuka mulut jika Anda bisa. Berdasarkan hipotesis, getaran dari dengungan yang Anda lakukan membantu memecah dahak di tenggorokan.

Ingatlah untuk ‘meludah, bukan menelan’. Bawalah selalu tisu jika Anda perlu mengeluarkan dahak secara diam-diam; cobalah untuk tidak menelan dahak yang dikeluarkan ketika batuk.

Sumber : wikihow

Cara Menyingkirkan Dahak di Tenggorokan Tanpa Obat

Leave a comment